Sang Kesatria

Seorang guruku di sekolah dasar mengatakan:

hidup adalah pertandingan. Kalah atau menang adalah sebuah pilihan, jika kita menang ataupun kalah harus tetap berjiwa kesatria. Menang ojo ngrumongso kalah seng narimo

Dalam kehidupan ini kemenangan dan kekalahan memang tidak bisa kita hindari, karena Tuhan telah menciptakannya berpasangan. Dalam hidup sikap kesatria memang dibutuhkan, namun sikap ini mudah diucapkan tapi sulit diterapkan.

garuda pancasilaLihatlah kejadian setiap pemilu berlalu, baik pilkada, pilgub, ataupun pilpres. Kebanyakan dan pasti ada sebuah penolakan dari pihak yang kalah karena merasa adanya kecurangan. Terlepas dari adanya kecurangan atau tidak, sikap tidak terima akan kekalahan itu adalah sebuah bukti bahwa kesadaran akan berpolitik negeri sangat kurang.

Jika di setiap pemilu selalu terjadi kejadian seperti ini kapan ibu pertiwi akan tersenyum dan bangka kepada anaknya? kita adalah putra ibu pertiwi yang selalu dibanggakannya. Akankah kita selalu membuat ibu pertiwi menitikkan air matanya?

KAPAN KITA BISA MEMBUAT IBU PERTIWI BERANI MENDONGAKKAN KEPALANYA DAN MENGATAKAN PADA DUNIA INI LAH PUTRA SAYA? PUTRA YANG BERJIWA KESATRIA “MENANG RA NGRUMANGSO KALAH SING NARIMO”

****************

Karya: Ras Navastara

Kek, lihatlah bendera negeriku
Merahnya, sudah pada luntur
Putihnya, sudah pada kabur…


Belikan aku kesumba, tuk mencelupnya
Belikan aku pemutih, tuk merendamnya…


Kek, lihatlah bendera yang tegak
Merahnya bergincu, putihnya berbedak…


Cucuku, dengarlah…
Itu merah bukan merah kesumba
Tapi, merahnya darah darah pahlawan
Itu putih bukan pemutih
Tapi, putihnya hati hati pejuang
Tak pula bergincu yang di tube kepalsuan
Tak pula berbedak yang disapuh kemunafikan…


Kakek, aku ingin melihat bendera negeriku
Semerah darah dan seputih melati
Bersulam benang-benang keikhlasan
Bersuci mata air, air mata kesabaran

Wahai bendera negeriku kau lambang perjuanganku

****************

*puisi dipinjam dari sini

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Blogplay

90 Comments

  1. galuharya says:

    menang tanpo ngasor ake….

    nice posting frend :)
    galuharya’s last blog post..musisi yang terlantar

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    Salam Kesatria :mrgreen:

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    apakh karena kusam om?

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    pemilu dari kata pilu sehingga menimbulkan kepiluan :) dalam pemilu memang para caleg harus sipa mental om
    mental untuk kalah

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    Amin
    diantara sekian banyak para petinggi negara pasti ada yang bersih mbak
    harapan itu masih ada

  2. meylya says:

    memang sih mereka² (caleg) pasti gak terima kalau kalah
    dan pasti juga menggugat yang macam²

    meylya’s last blog post..Kecanduan Facebook disebut Autis!!!

    [Reply]

  3. galuharya says:

    lho lho aku pertamax yah….
    akhirnya dapet juga setelah beberapa hari kehabisan :)
    saatnya kita butuh pemimping yg berjiwa ksatria om.
    ksatria yg berani tampil di depan dalam medan laga dan ksatria yang selalu mengayomi para prajuritnya…..

    galuharya’s last blog post..musisi yang terlantar

    [Reply]

  4. olip says:

    kekalahan bukan akhir dari segala galanya ……….

    olip’s last blog post..Dasar sombong !!!

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    indonesiaku engkau kan slalu jadi kebanggaanku

    [Reply]

  5. Anang says:

    Syukur buat yg menang. Sukur buat yg kalah. Beda tipis beda rasa. Syukurin kemenangan yg dicapai. Sukurin kalah wek kamu kurang serangan fajarnya. Sukur.. Sukur..

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    kesatria dalam berita apa mas?

    [Reply]

  6. Rusa Bawean™ says:

    salam ksatria :)
    Rusa Bawean™’s last blog post..The Fast and The Furious 4 | Adegan Seru, Cerita Sederhana

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    persamaannya dimana ya mas?

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    harga diri telah hilang da sehingga mereka mau melakukan hal yang melakukan itu :)

    [Reply]

  7. yuni says:

    indonesiaku……. :(
    yuni’s last blog post..Jeritan Hati Kartini

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    akan ku cuci dengan air kembang tujuh rupa om :)

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    terima kasih atas pengerahuannya
    namun pemilu saat ini sudah terlalu mbak pembelaan para caleg.dan lebih aneh dengan tingkah laku mereka ketika protes

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    kalau sudah capek mereka mungkin diam
    tapi mungkin mereka akan puas setelah mereka membela diri

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia ’s last blog post..Sang Kesatria

  8. rian says:

    pasti karena udah ngeluarin duit gila-gilaan, makanya para caleg² itu pada ga terima kekalahan. modalnya ga bisa balik sich.. :mrgreen:

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    pernah om waktu tujuh belasan tapi di blog yang ini

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    yup om kabar terakhir RSJ solo telah terisi 200 orang caleg

    [Reply]

  9. rian says:

    calegnya kan udah keluar duit banyak.. makanya banyak yang ga terima hasil pemilu. orang modalnya aja belom balik :mrgreen:
    rian’s last blog post..Bapak Blogger Indonesia akan hadir di Padang

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    mungkin semua elemen di negeri ini perlu pembenahan pak, dari segi pendidikan khususnya yang menjadi modal dasar suatu moral di bentuk.

    mereka yang kalah malu dengan kekalahannya

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    itulah om mungkin perlu adanya pendidikan kesatria di samping pendidikan kewarganegaraan :)

    [Reply]

  10. maskuncoro says:

    Yup… kalah menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang biasa. Lha… kalau menang semua, itu berarti bukan kompetisi, begitu pula kalau kalah semua. Cuma kadang manusia itu penginnya menang semua…

    maskuncoro’s last blog post..Solusi Itu Pasti Ada (Bag. 2, Habis)

    [Reply]

  11. Omiyan says:

    dinegara ini kebanyak orang yang hanya sekedar berbicara asbun…..

    Omiyan’s last blog post..IBSN: Uang “Jajan” Buat Suami

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    blog ini saya edit comment terbaru jadi di atas pak :)
    kabar terbaru rsj di solo telah terisi 200 caleg yang gagal pak
    apakah dengan pemilu negeri ini akan di penuhi oleh orang gila?

    [Reply]

  12. denologis says:

    ksatria dalam berita (lmao)

    denologis’s last blog post..Ode untuk Arwina

    [Reply]

  13. fandy says:

    kayak kesatria baja hitam aja

    fandy’s last blog post..Acer Aspire One AOA 150-160

    [Reply]

  14. Sarah says:

    nice post…
    aQ rasa harapan besar Qta semua bangsa indonesia, adalah satu, menjadi lebih baik…
    Doa yang tulus dan upaya dari bangsanya akan meninggikan kembali derajat Qta dan membanggakan ibu pertiwi…amin…

    -sarahtidaksendiri-

    [Reply]

  15. gempur says:

    duh, kasian benar benderaku…

    gempur’s last blog post..Do We Need National Exam?

    [Reply]

  16. gajah_pesing says:

    benderanya mungkin lom pernah di cuci…

    gajah_pesing’s last blog post..Seminar Pengenalan dan Monetized Blog

    [Reply]

  17. gajah_pesing says:

    puisi itu pernah di posting sebelumnya ya? sori kalo lupa tidak ingat

    gajah_pesing’s last blog post..Special Place [in] Limited Time

    [Reply]

  18. s. tuhusetya says:

    bisa jadi fenomena ini juga menunjukkan kegagalan pendidikan politik di negeri ini, mas slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia . sikap elegan dan ksatria dalam menerima hasil pemilu masih menjadi sesuatu yang mahal. sekarang ini kan banyak elite parpol yang menuding KPU sbg biang kekalahan partainya.

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    jika semua gila lalu yang waras akankah bisa memimpin yang gila?

    [Reply]

  19. Xitalho says:

    Yang kalah belom sempet nerimo… udah keburu stress… RSJ dech…. wekekeke.

    Xitalho’s last blog post..Batam Kayak Island Adventures

    [Reply]

  20. Xitalho says:

    doh mana komenkku yg tadi… ulang neh wae..

    Yang kalah belom sempet “Narimo” udah buruan stress!
    Tuh pada masuk RSJ.

    Xitalho’s last blog post..Batam Kayak Island Adventures

    [Reply]

  21. alief says:

    ben podo edan kabeh…., Endonesia diwakili wong edan kabeh……..

    :(
    alief’s last blog post..Bisa Naek Bajaj Oey…..

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    mari kawan bersama-sama mengembalikan warna itu

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    Amin
    negeri ini memang sedang berproses mbak untuk menjadi yang lebih baik

    [Reply]

  22. HeLL-dA says:

    Akhir-akhir ini aku jadi simpatik ngeliat acara2 TV ttg PEMILU. Ada caleg yg ngga malu menarik kembali apa yg sudah dia berikan karena kalah.
    Wuihhh…

    [Reply]

  23. dinda ong says:

    ayoooo para kartini, caiiiyooooooooooooooo……. mengembalikan warna sang merah putih yang telah pudar

    dinda ong’s last blog post..Andy Lau Going To Married

    [Reply]

  24. pakde says:

    Benar kata kick andy, harusnya nama pemilu di ganti jadi PEMAKMUR. Sehingga kata dasar yang nanti akan muncul adalah Makmur. Mengingat pemilu kata dasarnya adalah PILU. maka dibutuhkan kekuatan mental untuk para caleg itu….Nrimo
    Salam slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia

    pakde’s last blog post..Big Thanks For PERS WORLD

    [Reply]

  25. zee says:

    Kalo saya punya pendapat begini. Dalam pertarungan politik, kalah menang itu biasa, kecurangan juga biasa. Dan lalu kenapa yang kalah protes & tidak terima?

    Sebab, setahu saya tindakan itu memang dibolehkan, artinya mereka boleh meminta agar hasil pemilihan (let say pemilu lah ya) dicek kembali. Jd sebenarnya sih bukan karena “emosi membara” tidak terima kalah ya, tp memang aturannya begitu. Ibaratnya, yg kalah jg diberi sedikit “harga diri” lah. **yaa apa kata anggota partai klo atasannya diam2 saja ga protes.. :)
    Jd ketika keputusan final keluar, pihak2 yg berkaitan ini bisa dikatakan sdh puas. Yg menang sudah lega krn udah ga akan diprtes lg, yg kalah jg gak jengkel-2 amat krn setidaknya dia sudah dapat hak “protes”.

    Cmiiw ya… **saya dapat ini dari sharing dgn yg pengalaman… :)

    [Reply]

  26. annosmile says:

    nah..RSJ penuh tuh..

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    namun tutup itu bisa kita buka kan?

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    sebadan mas
    yang kalah akan mejadi hebat ketika legowo menerima kekalahannya seperti caleg PAN di solo yang mengadakan syukuran karena kekalahannya

    [Reply]

  27. tuyi says:

    Jiwa ksatria adalah siap kalah ataupun menang…
    Kalo ksatria di Indonesia banyak yang hanya siap menang ajah…, siap kalahnya belum..

    tuyi’s last blog post..Dasssarrrrrrrr………Peliittttttt………

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    puisi pinjeman mbak :)

    [Reply]

  28. tuyi says:

    Jiwa ksatria adalah siap kalah ataupun menang…
    Kalo ksatria di Indonesia banyak yang hanya siap menang ajah…, siap kalahnya belum..

    [Reply]

  29. tuyi says:

    kok ga’ muncul komen saya…?

    tuyi’s last blog post..Dasssarrrrrrrr………Peliittttttt………

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    sikap narimo sangat di perlukan bagi para caleg
    mental mereka hanya siap menang mbak gak siap kalah

    [Reply]

  30. nie says:

    jaman sekarang sifat ksatria yangh dimiliki manusia uda pada ilang, ketututup ketamakan, ketutup keserakahan.

    puisinya bagusss..menyentuh. nice post eniwei.. :)

    [Reply]

  31. deeedeee says:

    Semoga pihak yg kalah bisa menerima dg lapang dada, buaknnya nambah pasien dirumah sakit saking stressnya ndak mo nerima kekekalahan…

    Tetap optimis buat Indonesia!

    deeedeee’s last blog post..Puncak, the H-day!

    [Reply]

  32. YNa says:

    saya percaya, negara ini sedang berproses menuju yg lebih baik. mungkin nanti klo dah kayak amerika yg ratusan tahun sdh merdeka :D
    YNa’s last blog post..Abin (masih) Dirawat

    [Reply]

  33. yoana says:

    Semoga hati seluruh Orang-orang penting diNegara Indonesia sekarang ini tidak terlapisi oleh kapalsuan dan kemunafikan seperti yang rakyat resahkan,Amin :)
    yoana’s last blog post..LANGKAH-8

    [Reply]

  34. Rifaabe says:

    Kalo udah capek protesnya, masih nggak terima juga masukin ke rsj aja kali ya…he..he..

    [Reply]

  35. achoey says:

    Yang kalah menjadi hebat ketika legowo dan menerima kekalahan lalu mendukung yang menang tuk melakukan yang terbaik :)

    [Reply]

  36. antown says:

    iya, sepakat saya

    [Reply]

  37. Hary4n4 says:

    Dunia ini sudah banyak dipenuhi oleh prilaku yg aneh2 ya mas. Aku rindu sama jiwa “Merah Putih” yg sudah hampir2 musnah. Salam kenal mas, makasih udah mampir ke tempat saya.

    [Reply]

  38. genial says:

    orang-orang Indonesia emang udah makin jadi… :(
    genial’s last blog post..apanya yg keren dan apanya yg mantep si kang :( ??…

    [Reply]

  39. cheuw says:

    yaah beginilah dunia politik
    “politik rujit”
    hemm..harusnya ikutin politik luar negeri
    yang bisa nerima kekalahan.
    kapan ya bsa gtu?

    cheuw’s last blog post..Coming Soon Movie

    [Reply]

  40. 3mnnm8 says:

    waduh.. ga paham deh masalah ginian..

    tapi postingannya keren..

    blognya juga keren.. :-)
    3mnnm8’s last blog post..postingan khusus 17 april

    [Reply]

  41. aNGga Labyrinth™ says:

    Hhhmmm…. yang sekarang bisa diriku lakukan hanya berdoa semoga indonesia dapet yang terbaik lah…

    aminn…

    aNGga Labyrinth™’s last blog post..Putus dengan telkom speedy berpaling ke smart

    [Reply]

  42. casual cutie says:

    semoga Indonesia menjadi semakin baik…

    casual cutie’s last blog post..Girly Fancy Look

    [Reply]

  43. easy says:

    bos, minta alamat ya. kamu menangin kuis tuh. cek disini http://easy.blogdetik.com/2009/04/18/laporan-pertanggungjawaban-bulanan

    easy’s last blog post..Laporan Pertanggungjawaban Bulanan

    [Reply]

  44. senny says:

    ummm… bingung mau comment apa klo urusan yg begini

    senny’s last blog post..Belum Ada Judul

    [Reply]

  45. arifudin says:

    luar biasa, puisinya, benar-benar menggugah hati nurani kita agar selalu ingat akan perjuangan para pahlawan kita.

    arifudin’s last blog post..Kopdar perdana blogger Perti AsiA report

    [Reply]

  46. nyubi says:

    wah, bagus banget artikelnya mas, berguna dan memotivator, salam kenal

    nyubi’s last blog post..Memaksimalkan Fungsi Meta Tag

    [Reply]

  47. Just Anto! says:

    Kesatria ideal hanya ada dalam cerita atau dongeng

    Just Anto!’s last blog post..Now with New Skin

    [Reply]

  48. syafwan says:

    Indonesia tidak pernah maju karena banyak ksatria politik. he..he.. *ngawur* salam kenal

    syafwan’s last blog post..UN (Ujian Negeri) sang Raja!

    [Reply]

  49. Reza Fauzi says:

    paling keren tuh puisinya…

    Reza Fauzi’s last blog post..Kenapa Abang Gua Ga Sayang Sama Gua??

    [Reply]

  50. aR_eRos says:

    eemm awal dari janji yang diingkari
    sebelum Kampanye Damai
    pasti semua koar-koar:
    siap menang siap kalah, tapi buktinya?

    aR_eRos’s last blog post..PKB Diskon Pajak dan Bebas Denda, Terbukti !

    [Reply]

  51. Hoiron says:

    kalao boleh tau ibu pertiwi tu tinggal dimana ya
    pingin sungkem dan minta maaf nie, engga bisa jadi putra yang baik

    Hoiron’s last blog post..Proklamasi Ngeblog

    [Reply]

  52. Anton says:

    Itulah kelemahan bangsa kita, kita sebagai bangsa yang patriotik … “berjuang sampai titik darah penghabisan” … itu tidak dimengerti falsafah yang sebenarnya

    Anton’s last blog post..Ngeblog, chatting dan solusinya

    [Reply]

  53. shei says:

    kapan ya?? mungkin suatu saat nanti :P

    [Reply]

  54. shei says:

    mampir ke sini ya:

    http://www.renggetdyaloka.com

    [Reply]

  55. phiy says:

    kapan ibi pertiwi bisa mendongakkan kepala?
    kalo kita bisa lepas dari kapitalis keknya :roll:
    btw, skarang aku pindah di phiy.web.id
    kalo ada waktu, main2 ke sana ya ^^/

    phiy’s last blog post..Kamu Lebih Cantik & Tampan dari Apapun Kata Media

    [Reply]

  56. Daniel says:

    Kakek : “Sayang seribu sayang cucuku, saat ini bnyk bengundal2 yg ingin melunturkan warna merah dan mengusamkan warna putihnya bendera Ibu Pertiwi”

    Ngingetin : sampeyan menang kuis dari http://easy.blogdetik.com

    Daniel’s last blog post..UMAK…!!!

    [Reply]

  57. blogger wonogiri says:

    mari belajar introspeksi, apakah kita sudah bisa narimo atau belum terhadap hasil yang telah kita perjuangkan heuheue…

    blogger wonogiri’s last blog post..Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

    [Reply]

  58. [...] are many way to personalize our house. Either it by using the unique architecture for our house until using a small accessories [...]

  59. menang tanpa menjatuhkan:)

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    dan karena mereka mau menjadi wakil rakyat obsesinya uang mas bukan membela rakyat

    [Reply]

  60. kesadaran mereka berpolitik kurang mbak
    dan mereka tidak punya jiwa kesatria

    [Reply]

  61. terima kasih atas komentarnya:)

    semoga pemimpin kesatria itu akan segera datang om
    AMIN

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    iya mas mental caleg-caleg kita hanya berani menang tapi tidak berani kalah

    [Reply]

  62. kalah bukan berarti kalah
    menang bukan berarti menang :)

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    ASBUN=buaan belaka ya om?
    ya inilah mental caleg-caleg kita

    [Reply]

  63. serangan fajar apakah menentukan sebuah kemenangan?

    [Reply]

    slot online terbaik terpercaya 1 di indonesia Reply:

    kita adalah satu mbak seharuse memang kita bersatu tuk membuat negeri ini lebih maju lagi
    tidak terpecah belah

    sudah lama tidak mauncu kemana aja?

    [Reply]

Leave a Reply to alief